Edukasi Gunung Gede Pangrango

Edukasi Gunung Gede Pangrango

Edukasi Gunung Gede Pangrango – PPAKB ini dibangun oleh tiga instansi,  Conversation International Indonesia (CII), Taman Nasioanal Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dan Yayasan Alam Partner Indonesia (ALAMI).

Ada di ketinggian 800 mtr. di permukaan laut, jadikan Pusat Pengajaran Pelestarian Alam Bodogol memberikan peranan untuk keanekaragaman hayati di tempat Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Keunggulan Bodogol, Daya tarik Rimba Edukasi Gunung Gede Pangrango

Di sini ada bermacam tipe tumbuhan bangu, tumbuhan obat, tanaman hias dan bermacam jenis satwa epidemik jawa seperti elang jawa (Spizateus bartelsi) dan owa jawa (Hylobates moloch) yang sekarang makin sangat jarang dikonsumsi zaman.

Baca Juga: Informasi Rekreasi Gunung Sumbing

Kecuali sebagai posisi pengajaran alterasi alam, Pusat Pengajaran Alterasi Alam Bodogol mempunyai peras sebagai ekowisata dan teritori riset yang terbatas. Ada juga sebuah serangkaian poin of interest dalam lajur ini yang berbentuk peristiwa dari rimba hujan tropis.

Apa kamu menyenangi penjelajahan dalam rimba dengan hewan-hewan liar mengitarimu? Kedengar benar-benar melawan, kan? Sekarang, kamu dapat alami kesan penjelajahan itu dengan berekreasi ke Rimba Bodogol, Sukabumi, Jawa Barat.

Dengan keadaan alam yang dijaga sealami kemungkinan, teritori rimba hujan tropis ini mempunyai segudang keunggulan yang menunggu untuk dijelajahi. Apa kelebihannya? Yok, cari info info selengkapnya di bawah ini.

Rimba hujan tropis alami dalam TNGGP

Pusat Pengajaran Pelestarian Alam Bodogol (PPKAB) atau yang lebih dikenali dengan Rimba Bodogol ialah daerah rimba yang berada di Zone Pendayagunaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Karakter rimba ini berada pada ketinggian 800 mdpl, mempunyai cuaca rimba hujan tropis dengan intesitas curahan hujan yang lumayan tinggi, hingga jadi habitat alami dari bermacam tipe flora dan fauna epidemik Indonesia.

PPKAB diatur oleh Tubuh Pengurus Harian (BPH) yang disebut unit manajemen dari taman nasional. Unit ini bekerja untuk mengurus dan jaga kelestarian rimba hingga tidak rusak. Mereka bertanggungjawab atas tiap kejadian dan aktivitas yang terjadi dalam PPKAB.

Pelestarian satwa diproteksi dan hampir musnah

Sebagai teritori pelestarian, PPKAB mengamati flora dan fauna yang tinggal dalam rimba ini. Beberapa macam satwa epidemik yang diketemukan ialah elang jawa (Spizaetus bartelsi), owa jawa (Hylobates moloch), dan macan tutul (Panthera pardus).

Owa jawa adalah satwa epidemik asli pulau Jawa yang diproteksi oleh pemerintah. Sedang elang jawa dan macan tutul telah terhitung satwa epidemik yang terancam musnah. Oleh karena itu PPKAB benar-benar jaga habitat satwa ini supaya mereka terus berkembang biak secara alami.

Bila mujur kamu dapat berjumpa sama mereka saat menelusuri dalam rimba ini, lho. Tetapi, harus diingat pelancong jangan menggangu satwa. Suara berisik dan perlakuan ribut akan membuat mereka berasa terancam bahkan juga dapat serangmu. Ikuti perintah dari interpreter dengan cermat, ya.

Keberagaman hayati yang komplet

Bukan hanya kaya fauna, rimba Bodogol kaya flora yang bermanfaat. Diantaranya, pohon rasamala (Altingia excelsa). Pohon ini disebutkan pohon rimba dan bisa tumbuh sampai ketinggian enam puluh meter.

Material kayunya padat dan kuat hingga menjadi bahan bangunan. Disamping itu di rimba ini ada bermacam tumbuhan paku yang bisa jadi obat untuk manusia dan tanaman berbunga, seperti yang lain dan anggrek.

Bila kamu cermat memerhatikan sekitar lingkungan saat berekreasi di sini, kamu tentu dengan gampang mendapati mereka. Diingatkan kembali tidak untuk asal-asalan sentuh tanaman di sini, ya.

Ini karena adu fisik manusia dapat menggangu perkembangan beberapa macam tanaman dan bisa masihlah ada tanaman yang memiliki kandungan toksin. Selalu turuti intruksi dengan cermat.

Edukasi Gunung Gede Pangrango VLanscape yang memesona mata

Keadaan geografis rimba Bodogol tertelak di daratan pengunungan dan lembah hingga panorama lanscape di teritori ini tak perlu disangsikan kembali keelokannya. Bentangan pohon tinggi menghias bukit-bukit bersatu dengan luasnya langit biru yang bersih, tanpa pencemaran udara membuat situasi sejuk yang asri yang teringat dalam kalbu.

Hempasan angin kecil menambahkan kesegaran situasi alam di rimba ini. Sejauh perjalanan juga kamu dapat dengarkan deris dedaunan dan serangga sama-sama berbisik.

Tidak boleh lupakan saluran sungai jernih yang melewati rimba ini. Saluran sungai itu berbuntut di sejumlah titik air terjun yang dapat kamu dapatkan dengan lakukan treking dengan jalur jelajahi juga jauh atau pendek.

Melewati pohon-pohon dengan canopy trail

Canopy Trail adalah jembatan besi yang dibuat menyambung dari beberapa pohon. Panjang jembatan ini capai 100 mtr. dan tinggi 25 meter.

Jembatan ini sanggup meredam berat sampai empat ratus kg atau optimal enam orang. Maka janganlah naiki jembatan ini ramai-ramai, ya.

Di atas jembatan ini pelancong dapat memperhatikan panorama ke landasan rimba lebih jelas. Bagaimana beberapa pohon ini tumbuh membubung tinggi dan di tiap bagiannya sampai ke landasan ada rimbunan semak dan tanaman paku hidup sama-sama bersimbiosis bersama hewan-hewan kecil dan bermacam tipe burung.

Canopy trail ini jadi spot yang harus didatangi saat berekreasi ke PPKAB. Salah satunya argumennya karena tempat ini instagramable. Kamu tentu berminat untuk mendokumentasikan beberapa gaya terbaikmu di atas jembatan ini. Masih waspada saat berfoto. Janganlah sampai jatuh.

Edukasi Gunung Gede Pangrango Akses yang memicu adrenalin

Untuk capai pintu masuk PPKAB pelancong harus melalui jalan dari Lido ke arah Dusun Bodogol seputar empat kilometer. Seterusnya, dari Dusun Bodogol ke arah PPKAB seputar tiga km dengan medan perjalanan tanah berkelok dan berbatu.

Karena itu, seharusnya memakai kendaraan berbentuk four wheel drive seperti Jeep yang pas dengan medan seperti ini. Kamu tak perlu cemas, faksi PPKAB sediakan persewaan transportasi hingga kamu dapat memakainya.

Bila keadaan hujan, trek ini makin melawan untuk dilakukan karena tanah jadi cukup licin dan berlumpur. Tapi tidak boleh terburu takut lebih dulu, malah dengan keadaan trek yang melawan itu kamu dapat mendapatkan pengalaman off-road yang pasti menghidupkan tidak terlewatkan dan adrenalin.

Sarana pariwisata yang ideal

BPH mengurus PPKAB sebagai ekowisata terbatas. Teritori ini terbuka jumlah pelancong barisan kecil sampai sedang, tidak ditujukan untuk mass tourism. Sasaran wisatawannya juga berbentuk periset, pencinta alam, barisan siswa, dan ecotourist yang disebut tipe pelancong bertanggungjawab pada lingkungan.

Sarana rekreasi di teritori ini sangat memadai. Ada ruangan loket, pusat info, ruangan restaurant, gazebo, asrama, kantor BPH, musala, toilet, tempat camping, tempat parkirkan, dan bermacam papan petunjuk arah dan papan interpretasi.

Dari sisi sumber daya manusia, BPH sudah sediakan pemandu yang umum disebutkan interpreter. Interpreter akan temani pelancong menelusuri dan menerangkan beberapa informasi berkenaan flora, fauna dan semua isi rimba Bodogol.

Mereka yang bertanggungjawab jaga pelancong supaya masih teratur dalam beraktivitas wisatanya. Kamu tak perlu sangsi dengan kekuatan beberapa interpreter ini, mereka terbiasa, lho.

Bahkan juga mereka mengenali karakter flora dan fauna dalam hutan. Jadi jika kamu ingin berekreasi dengan aman dan selamat, terus lihat mereka, ya.

Untuk berkunjung PPKAB pelancong harus daftarkan diri lebih dulu dengan lakukan booking. Seharusnya kamu membuat booking saat sebelum kedatangan. Janganlah lupa mempersiapkan tenagamu juga.

Panduan Saat Anda Berkunjung Pusat Pengajaran Pelestarian Alam Bodogol

Upayakan untuk menggunakan baju yang hangat atau sweater. Udara di teritori itu termasuk dingin, maka janganlah lupakan untuk bawa jaket.

Bawa kepentingan yang anda perlukan saja, tidak boleh bawa banyak barang yang malah akan memperberat anda sendiri.

Gunakan alas kaki yang nyaman buat anda pakai karena ini rimba, jadi terang medan yang akan anda lalui banyak batu-batuan dan berlumpur.

Tidak boleh buang sampah sembarangan. Upayakan untuk jaga kelestarian alam kita, Indonesia di mana juga anda berada.

Patuhi ketentuan yang ada supaya tidak ada apa-apa yang tidak anda harapkan.

Itu pembahasan berkenaan Pusat Pengajaran Pelestarian Alam Bodogol yang pas untuk keluarga datangi dan anda. Situasi yang tenang dan termasuk sepi akan pas buat anda yang ingin menangi pikiran. Mudah-mudahan artikel ini selamat liburan dan menolong.

Itu tujuh keunggulan Rimba Bodogol. Ada banyak keunggulan lain yang terselinap di dalamnya. Berminat untuk menelusuri?