Informasi Rekreasi Gunung Sumbing

Informasi Rekreasi Gunung Sumbing

Informasi Rekreasi Gunung Sumbing – Gunung sangat sering menjadi salah satu opsi untuk liburan atau sekedar lakukan hoby mendaki.

Di Indonesia sendiri banyak gunung untuk didaki, dimulai dari yang rendah sampai yang paling tinggi di Pucuk Jaya Wijaya.

Kecuali Jaya Wijaya, ada banyak kembali gunung yang semakin tinggi seperti Pucuk Everest di Pegunungan Himalaya.

Gunung Paling tinggi di Tata Surya, Informasi Rekreasi Gunung Sumbing

Siapa kira pucuk paling tinggi bumi itu tidak ada apa-apanya daripada Olympus Mons di planet Mars. Seperti apa perawakan gunung paling tinggi di Tata Surya itu?

Baca Juga: Jembatan Paling tua Singapura dan Indonesia

Jika ada yang menanyakan berkenaan gunung paling tinggi di dunia, kita automatis akan menjawab Gunung Kea di Kepulauan Hawaii atau Gunung Everest di Himalaya. Memang, dibandingkan gunung-gunung yang lain, ke-2 gunung ini mempunyai ketinggian di atas rerata.

Tetapi kecuali dua gunung ini, masih banyak gunung yang lain semakin lebih tinggi. Bukan di Bumi, tetapi di beberapa lain tempat di Tata Surya kita. Dikutip dari kickassfacts.com, di bawah ini 5 gunung paling tinggi di Tata Surya!

Rheasilvea Mons

100 mtr. semakin tinggi dari Olympus Mons, Rheasilvea Mons yang ada di asteroid Vesta mempunyai tinggi seputar 22.000 meter. Gunung ini pertama kalinya diketemukan oleh Teleskop Hubble tahun 1997, tetapi kehadirannya baru dianggap astronom di tahun 2011 saat pesawat luar angkasa DAWN sukses landing di permukaannya.

Nama Rheasilvea sendiri diambil dari Rhea Silvea, ibu dari Romulus, raja pertama kota Roma dalam mitologi Romawi Kuno.

Informasi Rekreasi Gunung Sumbing Olympus Mons

Berada di planet Mars, persisnya daerah Pegunungan Tharsis, Olympus Mons adalah gunung paling tinggi ke-2 di Tata Surya kita. Dibanding dengan Everest, Olympus Mons mempunyai tinggi seputar 21.900 mtr. atau nyaris 3x lipat dari Gunung Everest di Bumi. Pada intinya, Olympus Mons dan gunung-gunung di Mars benar-benar sangat tinggi.

Ini karena, Mars tidak mempunyai lurus tektonik seperti Bumi. Akhirnya, saat meletus juga, lava tidak mengucur kemanapun dan cuman bergabung di satu tempat. Nah, lava hasil letusan ini selanjutnya mengeras dan membuat Olympus Mons jadi makin tinggi.

Equatorial Ridge

Nama Equatorial Ridge tentu kedengar asing, begitupun bernama Iapetus. Well, Iapetus adalah satu dari 82 satelit alami yang dipunyai oleh Saturnus. Antiknya, walau Saturnus ialah planet gas, tetapi Iapetus ialah satelit bebatuan komplet dengan pegunungan tinggi seperti Equatorial Ridge.

Gunung Equatorial Ridge diketemukan oleh pesawat luar angkasa Cassini di tahun 2007 lalu. Yang mengagetkan, gunung ini mempunyai tinggi seputar 20.000 mtr., yang membuat dikukuhkan sebagai gunung paling tinggi ke-3 di Tata Surya.

Arsia Mons

Ada satu komplek dengan Olympus Mons di Pegunungan Tharsis, Arsia Mons masuk ke daftar gunung paling tinggi di Tata Surya kita. Dengan ketinggian seputar 20.000 mtr., gunung satu ini adalah gunung perisai dan mempunyai kaldera memiliki ukuran 138 km. Tidak cuma kaldera yang luas, beberapa astronom yakin bila Arsia Mons adalah rumah untuk glester di planet Mars.

Informasi Rekreasi Gunung Sumbing Boosaule Montes

Tidak kalah atas Saturnus, bulan Jupiter yang namanya Io mempunyai beberapa ratus gunung berapi aktif di permukaannya. Terhitung Boösaule Montes sebagai gunung paling tinggi di Io, sekalian gunung paling tinggi ke-5 di Tata Surya. Berlainan dengan gunung tinggi di Tata Surya, Boösaule Montes terdiri dari 3 pucuk utama. Satu pucuk yang paling tinggi ada pada bagian selatan gunung dengan ketinggian seputar 17.500 meter.

Tuch kan, tinggi-tinggi sekali kan lima gunung di atas? Gunung Kea sama Everest sich tidak ada apa-apanya!

Gunung paling tinggi ketiga di Pulau Jawa

Lokasi wisata Gunung Sumbing ialah gunung yang berada di tiga kabupaten di Jawa tengah, yakni Kabupaten Wonosobo, Magelang, dan Temanggung. Gunung ini mempunyai ketinggian 3371 mdpl.

Untuk mendaki ke pucuk gunung Sumbing, ada 5 lajur yang dapat dilewati. Tetapi yang terpopuler ialah melalui lajur Garung, Wonosobo.

Bila kamu merencanakan memijakkan kaki di pucuk gunung Sumbing, di bawah ini ialah info sekitar rekreasi gunung Sumbing untuk bekal kamu nanti.

Jalur ke arah basecamp

Gunung Sumbing ini posisinya bersisihan dengan gunung Sindoro. Antara dua gunung itu ada jalan propinsi yang menyambungkan kota Wonosobo dan Temanggung. Jalan yang memotong dua gunung itu biasa dikatakan sebagai jalan Kledung Pass.

Basecamp pendakian Sumbing lewat Garung ini posisinya ada di wilayah Kledung Pass. Transportasinya juga lumayan gampang, kernet kendaraan umum juga telah kenal kembali dengan beberapa pendaki.

Dari Bandung dan Jakarta memakai bis:
  1. Naik bis ke Wonosobo
  2. Lanjut naik bis jalur Temanggung
  3. Turun di Dusun Garung, Kledung Pass
  4. Lanjut ke basecamp, dapat jalan kaki atau naik ojek

Dari Yogya, Semarang atau Jawa Timur memakai bis:

  1. Naik bis jalur Wonosobo
  2. Turun di Dusun Garung, Kledung Pass
  3. Lanjut ke basecamp, dapat jalan kaki atau naik ojek
Memakai kendaraan individu:
  1. Ke arah Wonosobo atau Temanggung
  2. Lanjut ke Dusun Garung, Kledung Pass
  3. Register pendakian

Di basecamp Garung ini sarananya cukup komplet, di situ ada musala, toilet, warung homestay dan makan.

  • Ticket masuk: Rp20 ribu
  • Parkirkan motor: Rp10 ribu
  • Parkirkan mobil: Rp20 ribu
  • Ojek ke arah pos 1: Rp25 ribu
  1. Panduan saat sebelum mendaki
  2. Olahraga sekian hari saat sebelum pendakian
  3. Bawa perlengkapan mendaki yang komplet
  4. Bawa masker untuk meredam debu
  5. Mendaki bersama pendaki eksper
  6. Bawa banyak air minum
  7. Mulai pendakian pada pagi hari
  8. Pendakian
  • Basecamp – Pos 1 (2 jam atau 15 menit), untuk sampai di Pos 1, kamu dapat sampai 2 jam bila berjalan kaki, tetapi dapat bisa lebih cepat dengan naik ojek yang cuman memerlukan waktu 15 menit dengan ongkos Rp25 ribu. Ke arah pos 1 ini kamu akan melalui perkebunan warga.
  • Pos 1 – Pos 2 (1,5 jam), lajur berbentuk rimba menajak.
  • Pos 2 – Pos 3 (3 jam), pohon-pohon mulai menyusut, lajur masih naik apabila musim kemarau lajur ke arah Pos 3 ini tanahnya sarat dengan debu. Tempat di Pos 3 biasa digunakan untuk kemping dan pendaki meneruskan perjalanan ke pucuk besok hari.
  • Pos 3 – Pos 4 – Pucuk (3 jam), lajur naik dengan tanah yang gersang. Mulai perjalanan di saat subuh supaya tidak kesiangan saat sampai di pucuk.

Keelokan Gunung Sumbing

Meskipun saat mendaki kamu akan disajikan oleh udara panas dan tanah gersang, tetapi kamu akan disajikan oleh panorama rumput-rumputan dan embusan angin yang dapat membuat adem.

Di atas pucuk, kamu dapat menyaksikan kawah gunung Sumbing yang warna putih. Tanaman di seputar pucuk juga masih hijau hingga nyaman untuk berlindung di sana.

Kecuali panorama kawah, dari pucuk kamu dapat menyaksikan lautan awan dan jejeran gunung di Jawa Tengah. Paling terang disaksikan ialah tetangganya, gunung Sindoro.

Nah, itu barusan ialah info rekreasi gunung Sumbing, gagasan kapan nih berekreasi ke situ?