Tentang Kami

Keajaiban Alam di Indonesia adalah negara kepulauan tropis yang diberkahi dengan lebih banyak alam daripada yang bisa dinikmati satu orang seumur hidup. Alam yang memesona dan budaya yang mempesona telah mendorong negara ini masuk dalam daftar tempat yang didambakan untuk dikunjungi di dunia.

Di antara ratusan pesona yang dimiliki negara ini, inilah panduan kami tentang keajaiban alam di Indonesia yang akan membuat Anda takjub.

Keajaiban Alam di Indonesia

Raja Ampat

Bahkan di permata tropis yang luas dengan ratusan tempat memesona untuk menikmati Keajaiban Alam di Indonesia laut, Kepulauan Raja Ampat masih menonjol di antara yang lain. Terdiri dari sekitar 1.000 pulau kecil, lanskap kepulauan itu sendiri adalah fitur yang unik.

Tanah yang masih asli dihuni oleh burung endemik, bunga liar berwarna-warni, dan satwa liar lainnya. Lebih jauh di bawah laut, hidup setidaknya 500 spesies karang dan 1.400 ikan, termasuk hiu paus, pari manta, kuda laut kerdil, dan banyak lagi, menjadikan lokasi ini salah satu tempat menyelam paling berharga di dunia.

Gunung Bromo

Dan jika Anda pernah melihat alam yang menakjubkan, Anda pasti akan mengerti mengapa. Lalu Gunung berapi aktif berada di tengah dataran yang disebut Lautan Pasir (Segara Wedi), bersama dengan beberapa gunung lainnya.

Gunung berapi aktif ini memiliki puncak tiupan ikonik dari letusan berulang. Menghasilkan lanskap gunung yang menakjubkan yang memancarkan asap belerang, salah satu pemandangan paling populer dan difoto dari Indonesia.

Keajaiban Alam di Indonesia : Danau Kelimutu

Danau gunung berapi yang menakjubkan ini terkenal karena airnya yang berubah warna. Terdiri dari tiga danau yang berdekatan, masing-masing memiliki warna tersendiri, dan warna tersebut masih terus berubah seiring waktu. Dari berbagai warna hijau hingga hitam, yang lain merah, coklat, dan lain sebagainya, karena aktivitas gunung berapi.

Selama satu abad terakhir, salah satu dari tiga danau berubah warna sebanyak 44 kali. Setiap kali ini terjadi, penduduk setempat akan membawa persembahan untuk roh leluhur mereka. Menjadikan Keajaiban Alam di Indonesia sebagai tempat yang penting secara budaya juga.

Labuan Cermin

Cermin berarti “cermin”, yang persis menggambarkan pesona alam danau. Airnya yang jernih memungkinkan untuk mengamati dasar danau hanya dengan melihat ke bawah dari atas; tidak perlu snorkel atau peralatan apapun. Danau ini juga memiliki keunikan lain.

Ajaibnya, air di dekat dasarnya asin tapi di dekat permukaan, semuanya air tawar. Berenang di bawah permukaan, Anda dapat melihat perubahan habitat dari ikan air tawar menjadi organisme air asin yang eksotis.

Pulau Komodo

Dikenal luas sebagai habitat komodo yang penasaran dan purba, Keajaiban Alam di Indonesia pulau ini sesuai dengan keajaiban satwa liarnya. Ini memiliki pemandangan perbukitan yang indah, vegetasi yang rimbun, garis pantai yang eksotis, dan lautan biru yang jernih, semuanya dalam satu pandangan.

Setiap titik di pulau itu, baik itu Pantai Pink dunia lain atau puncak bukit yang menghadap ke laut dan pulau-pulau kecil di dekatnya, adalah Keajaiban Alam di Indonesia yang tidak ada di tempat lain di dunia.

Piramida Cartensz

Puncak ini akan memesona siapa pun sebagian karena pesona gunung berbatunya yang indah, dan sebagian lagi karena ketidakmungkinan dan keunikannya sebagai gunung bersalju di negara tropis yang belum pernah melihat salju di tempat lain.

Sebagai puncak tertinggi Indonesia yang dimiliki oleh Gunung Jayawijaya di Papua, puncak ini terdaftar dalam tujuh puncak dunia, menarik pejalan kaki dari seluruh dunia.

Beberapa ratus meter di bawah puncak adalah Danau Idenberg, danau misterius yang mengalir dan mengisi dirinya sendiri. Dengan sesekali muncul angsa hitam yang membingungkan.

Pantai Kelingking

Berdiri sejak tahun 2003, pantai yang mempesona ini masih memiliki pesona alam yang masih alami. Dicirikan oleh semenanjung ikonik yang tampak memeluk area pantai di bawah. Tempat ini sama indahnya dari atas tebing seperti di bawah, di area pasir putih, perairan yang bening.

Wisatawan dapat melihat pari manta berenang saat airnya dangkal dan menjelajahi gua-gua di sekitar pantai yang berfungsi sebagai rumah burung walet. Terletak di Nusa Penida, sebuah pulau kecil di lepas pantai Bali, Pantai Kelingking berbagi tanah dengan keajaiban alam murni lainnya.

Keajaiban Alam di Indonesia : Dataran Tinggi Dieng

Sebuah dataran tinggi bersejarah tepat di atas awan, Dieng menyuguhkan pemandangan sawah, desa, dan hutan belantara yang menghipnotis bagi wisatawan dari ketinggian. Sebuah tempat yang signifikan secara budaya, dataran tinggi ini menampung reruntuhan kuil kuno. Di mana keindahannya ditonjolkan oleh alam yang luar biasa di latar belakang.

Di luar daya tarik alamnya yang mentah, lokasi ini juga dihargai karena budaya menarik dari kelompok etnis lokal. Yang tercermin dalam adat istiadat, artefak, dan festival mereka.

Air Terjun Coban Sewu

Berarti “seribu air terjun” dalam dialek lokal, air terjun ini memang memiliki banyak aliran air yang jatuh dengan anggun dari tebing yang rimbun. Air yang jernih dan deras mengalir melalui bebatuan dan tanaman hijau, menghiasi perbukitan cekung dengan latar belakang buih yang indah.

Wisatawan dapat mengamati Keajaiban Alam di Indonesia dari atas bukit yang berdekatan atau turun ke bawah untuk berenang di air pegunungan yang sejuk.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, terletak di pulau Lombok yang sama indahnya. Di sekitar kawasan gunung ini, keajaiban alam ada di setiap sudutnya, mulai dari air terjun kembar hingga sungai yang bening.

Mereka yang bertekad untuk mencapai puncak akan diistimewakan dengan pemandangan Danau Segara Anak yang menakjubkan. Sebuah danau kawah dengan air biru yang indah dikelilingi oleh hutan yang masih asli dan struktur pegunungan. Dan itulah beberapa hal tentang Keajaiban Alam di Indonesia.